You are currently viewing Dinas DP3AP2KB Buka Layanan Ayo Berani Lapor

Dinas DP3AP2KB Buka Layanan Ayo Berani Lapor

Pojokkatanews.com– Dalam upaya menurunkan angka kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kabupaten Sambas Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Sambas (DP3AP2KB), melalui Bidang Perlindungan Anak (PA) telah membuka layanan kepada masyarakat sambas untuk melaporkan tindak kekerasan terhadap anak.

Kepala Bidang Perlindungan Anak Widi Astuti mengatakan, layanan tersebut sebagai bentuk aduan atau laporan masyarakat jika terjadi kekerasan anak terhadap anak di bawah umur. Selasa (1/3/2022).

Dia menjelaskan banyak faktor yang mengakibatkan tingginya kasus tersebut seperti, faktor ekonomi, sosial, dan kurangnya perhatian serta pengawasan orangtua.

“Kami membuka layanan aduan kepada masyarakat sambas untuk berani melaporkan tindakan kekerasan terhadap anak dibawah umur, layanan tersebut sebagai bentuk upaya menurunkan tingkat kekerasan anak,” Katanya.

Sehingga kata dia respon cepat bisa dilakukan pihak terkait demi memberikan perlindungan  kepada korban.

“Melalu aplikasi Sikeran (Siaga Kekerasan) masyarakat bisa melaporkan kekerasan terhadap anak dibawah umur di nomor yang telah tertera, seperti kekerasan seksual, kekerasan fisik, penelantaran anak, ekploitasi anak,” Katanya.

“Untuk pengaduan kekerasan kepada perempuan di usia dewasa, lansung saja datang ke kantor kami yang ditindaklanjuti di bidang PP (Perlindungan Perempuan),” Tambahnya.

Pada tahun 2022 ini, pihaknya telah menerima 19 laporan atau aduan dari masyarakat yang melaporkan kekerasan terhadap anak dibawah umur.

“Januari hingga Februari Tahun 2022 ini, kami menerima laporan dari masyarakat kekerasan terhadap anak dibawah umur sebanyak 19 kasus, tiga kasus (ABH) Anak Berhadapan dengan Hukum, kekerasan Seksual 15, kekerasan fisik 1 laporan,” Ujarnya

Tinggalkan Balasan